Sunday, 14 August 2011

10 Foto Terbaik Bumi

N o. 10Bumi Terbit
top10_10_earthrise_hf
Sumber: NASA
Foto bumi yang pertama kali diambil oleh Astronot pada arbit bulan.  Di ambil oleh Astronot Apollo 8 ketika mengelilingi bulan dimana permukaan bulan juga ikut tertangkap kamera. Foto ini masih asli dan belum direkayasa oleh komputer.
No. 9 : Jepretan Galileo Breathtaking
top10_9_galileo_hf
sumber : NASA/JPL
Diambil oleh pesawat ruang angkasa Galileo pada tanggal 11 Desember  1990   saat berangkat ke Jupiter pada tahun ketiga dari misinya. Nampak pada bagian bawah adalah benua Antartika dan di atasnya adalah Samudra Pasifik
No.8 Bumi dan Bulan
top10_8_voyager_hf
Sumber: NASA
Foto bumi dan bulan dalam satu bingkai/frame yang pertama kali diambil dari pesawat ruang angkasa. Diambil pada tanggal 18 September 1977  oleh NASAs Voyager 1 pada jarak 7,25 juta mil dari bumi. Nampak bumi jauh lebih terang dari bulan sehingga untuk menghasil cetakan yang baik, bulan perlu “diperjelas” tiga kali lipat dari bumi dengan bantuan komputer.
No. 7:  Ketika Memburu Komet
top10_7_rosetta_hf
Sumber: ESA
Gambar diambil oleh Misi Ruang Angkasa Eropa (ESA) Rosseta pada saat  terbang dari bumi pada awal Maret 2005 pada misinya memburu Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko. Gambar yang diambil digunakan untuk mengkalibrasi instrument-instumen yang akan digunakan agar bekerja sesuai dengan yang diinginkan.
No. 6 : Jauh dari Rumah : Apollo 17
top10_6_schmitt_hf
Sumber: NASA Johnson Space Center (NASA-JSC)
Foto diambil oleh Taurus – Littrow pada misi terakhir Apollo 17 di bulan dengan latar belakang pilot Apollo 17 Astronaut Harrison Schmitt dan bendera Amerika Serikat.
No. 5:  Di Jalan Menuju Merkurius
top10_5_messenger_hf
Sumber : NASA/JHU/APL
Pesawat ruang angkasa MESSENGER’s Earth terbang pada tanggal 2 Agustus 2005 menuju ke Merkurius. Pesawat tidak hanya disesuaikan dengan karakteristik medan di Merkurius, tetapi juga berbagai instrumen untuk mengetahui karakteristik unsure-unsur yang ada di bumi. Foto di sebelah kiri adalah gambar yang diambil oleh kamera dengan berbagai panjang gelombang. Di sebelah kanan diambil dengan panjang gelombang yang mendekati panjang gelompang sinar  infra merah. Warna merah adalah pantulan dari tumbuh-tumbuhan.
No. 4Di  Jalan Menuju Mars
top10_4_MRO_hf
Sumber: NASA/JPL/Malin Space Science Systems
Setelah keliling 272.000 mil pada orbit Mars selama 3 hari, kamera pengintai Mars  menunjuk ke planet bumi pada tanggal 15 Agustus 2005.
No. 3:  Dari Saturnus
top10_3_cassini_hf
Sumber : NASA/JPL/Space Science Institute
Diambil oleh pesawat ruang angkasa Cassini  dengan kamera sudut lebar (wide angle camera) pada tanggal  15 September 2006 pada jarak 1,3 juta mil dari Saturnus atau sekitar 930 juta mil dari bumi. Nampak  disebelah kiri bulan Enceladus juga tertangkap kamera, terbungkus  warna kebiru-biruan partikel-partikel es pada cincin E Saturnus.
No. 2 : Pertama dari Mars
top10_2_rover_hf
Sumber: NASA/JPL/Cornell/Texas A&M
Ini adalah foto bumi yang pertama kali yg pernah diambil dari planet lain, yaitu dari planet Mars. Diambil oleh   Mars Exploration Rover Spirit pada hari ke 63 dari misinya menjelajah Mars. Nampak bumi terlalu kecil untuk bisa dideteksi oleh kamera.
No.1 : Titik Biru yang Pucat
top10_1_blue_dot_hf
Sumber:  NASA/JPL
Bagian pertama dari “foto keluarga” system  Tata Surya yang diambali oleh Voyager 1 di tahun 1990 pada jarak lebih dari 4 milyar mil dari bumi dimana bumi terlihat seperti titik yang besarnya hanya 0,12 pixel. Dengan ukuran yang sekecil itu, Carl Sagan, penyokong Voyager berkomentar: “Suatu kelilip yang kesepian yang dibungkus oleh luasnya jagat raya yang gelap. Bagi saya, hal ini menggarisbawahi tanggung jawab  kita didalam memelihara dan ‘membelai’ titik biru yang pucat ini, satu-satunya rumah yang dikenal, secara ramah dan berbelas kasih.

Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga!!!:

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Harnadi Hajri, S.pd | Bloggerized by Wahana corp - Indonesia | LPPM Wahana Education