Tuesday 2 August 2011

Menyimpan file di google

Postingan ini sengaja saya buat untuk menjawab pertanyaan sobat sincereza pada postingan membuat link download. Kira-kira pertanyaannya seperti ini : “ke google sites udah register tapi kok malah buat blog lagi dmn buat simpen filenya?”. Mau balas komentar tersebut hitung-hitung bakalan panjang ngejelasinnya, lebih baik saya buat postingannya aja sekalian, kebetulan saya belum pernah membahas cara menyimpan file di google sites.

Sedikit cerita sebelum memulai tutorial cara upload file di google sites. Google sites  ini sebenarnya sebuah hosting yang sengaja di sediakan buat menyimpan file berupa gambar, dokumen, atau sejenisnya sebagai pengganti google pages yang pernah di tutup oleh google. Memang benar google sites juga bisa kita gunakan untuk membuat blog gratis. Namun berbeda dengan blogger dengan domain wahanacorp.blogspot.com, di google site hasilnya akan seperti ini : sites.google.com/site/miscah

Saya tidak akan membahas membuat blog menggunakan hosting di google sites, yang akan saya bahas adalah cara menyimpan file di google sites. Buat sobat sincereza dan sobat blogger yang belum mengerti cara menggunakan google sites, berikut ini ada sedikit tutorialnya, semoga bermanfaat.

  1. Pada halaman depan, silahkan sobat login dengan account gmail sobat. Jika belum punya gmail, klik pada Sign up for Sites
    register
  2. Setelah login, klik tombol Create Site
    create site
  3. Isi saja nama yang sobat inginkan pada Name your site, kemudian klik Create Site.
    create site form
  4. Setelah selesai mengisi nama dan url, klik pada tab Create page
    create page
  5. Kemudian pilih pada File Cabinet dan isi Nama file tersebut, misalnya pada contoh saya mengisinya dengan nama Gambar dan pilih radio button Put page at the top level.
    create page form
  6. Setelah itu sobat sudah dapat mengupload file yang sobat inginkan, klik tab Add file.
    image
  7. Untuk menggunakan url hasil gambar yang sudah di upload, silahkan klik kanan pada link download, pilih copy link location.
    image
  8. Contoh linknya seperti ini :
    https://sites.google.com/site/ghaitsaa/gambar/art.jpg?attredirects=0&d=1

    Hapus yang berwarna merah, sehingga menjadi :
    https://sites.google.com/site/ghaitsaa/gambar/art.jpg
Mudah-mudahan bermanfaat.

Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga!!!:

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Harnadi Hajri, S.pd | Bloggerized by Wahana corp - Indonesia | LPPM Wahana Education