Tuesday 16 August 2011

Pentingnya Revolusi Sistem Pendidikan di Indonesia

Sebagi salah seorang praktisi pendidikan, saya merasa sangat perihatin dengan sistem pendidikan yang ada di indonesia, hal ini dikarenakan tujuan pendidikan belum bisa berhasil secara maksimal dikarenakan sistem pendidikan yang diterapkan di indonesia saat ini.
Pendidikan yang merupakan sebuah acuan keberhasilan bangsa seharusnya dijadikan sebagai sarana untuk memajukan generasi yang akan datang, tidak seperti saat ini dimana pendidikan hanya sebatas sebagai formalitas belaka yang didalamnya terdapat banyak sekali masalah yang harus kita atasi bersama.
Pendidikan sekarang merupakan pendidikan koruptor, yang didalamnya terdapat banyak sekali kejanggalan dan ketitaksesuaian antara tujuan pendidikan yang seharusnya tercapai. lihat saja ketika Ujian Nasional berlangsusng beberapa lama ini, seluruh siswa dan tenaga pendidik kependidikan berlomba-lomba memberikan nilai terbaik kepada siswanya sehingga menghalalkan dan menggunakan segala macam cara untuk mencapainya. 
Mencontek bukan hal luar biasa yang kita dengar saat ini, bahkan banyak sekali guru yang memberikan jawaban kepada para siswanya, bekerjasama untuk memberikan yang terbaik namun dengan cara yang salah. akankah hal ini akan kita biarkan terjadi??
Tentu saja kita bersama memiliki tanggungjawab dalam hal pendidikan, dalam hal ini saya menyatakan bahwa sistem Pendidikan di Indonesia harus kita ubah dan harus diadakan revolusi besar-besaran untuk menjadikan pendidikan berkualitas dan layak bagi rakyat indonesia dan dapat meningkatkan kesejahteraan raktyat.
Adapun bentuk revolusi pendidikan yang saya ajukan adalah sebagai berikut :
  1. Pendidikan harus mengacu kepada pendidikan manusia, untuk kemakmuran dan kesejahteraan manusia di era yang akan datang. selama saya mengenyam pendidikan dari tingkat SD kemudian dilanjutkan ke SMP dan SMA sampai pada bangku perguruan tinggi, saya mendapatkan bahwa banyak sekali pendidikan yang tidak termanfaatkan dalam hidup ini. sia-sia rasanya menghabiskan begitu banyak waktu untuk mencari pendidikan, namun pendidikan yang kita dapatkan justru tidak dapat kita pergunakan dalam kehidupan kita. banyak sekali saya melihat sarjana-sarjana yang tidak dapat menggunakan ijazah mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai dengan kompetensi ijazah yang mereka miliki.
  2. Kurikulum yang diterapkan harus mengacu kepada Kurikulum berbasis Keterampilan, sekarang kita melihat bahwa kurikulm berbasis kompetensi dapat dikatakan telah gagal dalam menciptakan manusia berkualitas. pendidikan tidak dapat digunakan untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran yang layak.
  3. Menghilangkan segala bentuk pemaksaan dan standarisasi pendidikan yang tidak dapat memberikan penilaian menyeluruh terhadap para siswa sehingga dapat menghilangkan adanya tindakan yang tidak sesuai dalam penyelenggaraan evaluasi tersebut.
 Sebenarnya masih banyak sekali hal-hal yang harus segera dirubah khususnya dalam sistem pendidikan yang ada di indonesia, demi menjadikan pendidikan masyarakat yang bekarakter, sejahtera dan makmur.

Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga!!!:

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Harnadi Hajri, S.pd | Bloggerized by Wahana corp - Indonesia | LPPM Wahana Education