Saturday 3 September 2011

7 langkah meningkatkan konsentrasi


Kemampuan untuk meningkatkan konsentrasi atau memusatkan perhatian pada tujuan-tujuan spesifik akan meningkatkan kemampuan mental kita dan pada gilirannya meningkatkan kualitas hidup kita.
Dalam kehidupan sehari-hari kita terus-menerus dibombardir dengan respon indra kita; penglihatan, suara, bau, dan perasaan. Otak kita harus memutuskan apa yang penting bagi kita yang perlu disimpan, dan apa yang tidak yang harus dibuang.
Jika kita tidak fokus, rentang perhatian kita tersebar di banyak hal yang berbeda dan ini akan tercermin dalam otak kita. Kegiatan di otak juga akan terurai di seluruh otak dan tidak ada jejak abadi yang akan dibuat.
Ketika kita berkonsentrasi pada tugas atau objek tertentu, otak akan secara otomatis meminimalkan atau  mematikan kegiatan yang tidak terkait dengan tugas dan mengaktifkan wilayah otak yang berhubungan dengan objek dari perhatian kita.
Kemampuan untuk mengubah jejak/pengalaman indra baru merupakan dasar bagi semua pembelajaran; itu tidak berarti hanya belajar akademik tapi apa pun yang kita lakukan dalam hidup kita. Dari belajar berjalan, naik sepeda, ataupun belajar matematika yang lebih kompleks – begitu kita belajar kita tidak akan pernah lupa.
Orang paling sukses di segala lapisan kehidupan; ilmuwan, atlet, aktor, guru, pengusaha atau orang lain yang sukses selalu punya satu kesamaan, mereka tahu apa yang mereka inginkan dan mereka memiliki satu pikiran fokus untuk mencapai tujuan mereka. Dengan berfokus pada tujuan, semua energi dan usaha terkonsentrasi pada tugas-tugas yang menggerakkan untuk lebih dekat ke arah tujuan.
Kemampuan untuk fokus akan membantu kami tahu apa yang perlu kita lakukan tetapi yang lebih penting kita juga akan tahu apa yang tidak boleh dilakukan. Retikuler mengaktifkan sistem dalam otak akan mengingatkan perhatian kita untuk hal-hal penting di sekitar kita yang akan membantu kita bergerak menuju apa yang kita inginkan. (sistem retikuler adalah suatu sistem yang beradadi batang otak anda, yang membantu anda mengarahkan diri anda ke sesuatu yang anda inginkan asal anda menginginkannya secara spesifik)
Bagaimana cara meningkatkan konsentrasi:
1. Memiliki tujuan spesifik yang ingin anda capai. Jika merupakan tujuan keuangan, rumuskan tepatnya berapa jumlah yang ingin anda  memiliki, bangun keuangan secepat anda membangun kemampuan anda untuk menghasilkan uang. Tetapkan batas waktu kapan anda ingin mencapainya.
2. Mempunyai alasan mengapa anda harus mencapai itu. Ini adalah bagian yang paling penting yang harus anda sertakan, semakin kuat alasan semakin besar kemungkinan akan mencapainya.
3. Keyakinan bahwa anda akan mencapainya dan tetap fokus pada keyakinan tersebut. Anda harus benar-benar yakin bahwa anda akan mencapainya. Menjadikannya sebuah keharusan.
4. Membuat Rencana – Bagaimana cara sampai ke tujuan anda? Buat semua daftar  tugas yang harus anda ambil untuk bergerak lebih dekat ke tujuan anda. Daftar juga hal-hal yang tidak perlu anda lakukan, hal-hal yang akan mengalihkan perhatian dari pencapaian tujuan anda. Hal-hal seperti terlalu banyak menonton TV, atau nongkrong dengan teman-teman. Lebih terarah dalam menyikapi rencana.
5. Aksi – Pecah rencana ke bulanan, mingguan dan rencana tindakan harian. Sisihkan waktu tertentu dan mengambil tindakan setiap hari setidaknya waktu tersebut akan membawa anda lebih dekat ke tujuan Anda.
6. Review – Review ini setidaknya setiap bulan, lebih lama dari itu berarti anda akan menyimpang terlalu jauh dari tujuan anda. Membuat penyesuaian yang diperlukan dalam rencana atau tindakan, tetapi tetap pada tujuan.
7. Menikmati proses – Menetapkan tujuan dan bekerja ke arah itu akan lebih memuaskan jika anda menikmati proses dalam melakukannya.


Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga!!!:

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Harnadi Hajri, S.pd | Bloggerized by Wahana corp - Indonesia | LPPM Wahana Education