Sunday 4 September 2011

Resiko besar bisnis yang harus diantisipasi


Istilah dalam dunia bisnis, Cash is the King atau Uang Tunai adalah Raja, sungguh tidak dapat disangkal, sebuah kebenaran yang nyaris mutlak, tapi sering terabaikan. Banyak pengusaha terlambat mengingat pentingnya memiliki Kas atau Uang Tunai yang cukup untuk masa sulit dalam perjalanan bisnisnya.
“Nomor SATU alasan mengapa Bisnis Gagal karena Pengusaha Kehabisan Uang Tunai!” Ini sangat penting untuk selalu Anda ingat dan pahami dalam menjalankan roda bisnis Anda.
Resesi ekonomi yang selalu saja hadir di dalam dunia bisnis, sesungguhnya telah mengingatkan kita bahwa apa yang bisa terjadi dalam bisnis sering tidak terduga, dan kemungkinan terjadinya adalah ketika Anda tidak menduganya sama sekali. Hal seperti ini sudah pernah saya alami pada saat krisis moneter nasional yang lebih dikenal dengan sebutan KrisMon di negeri ini pada tahun 1997 – 1998, yang mengakibatkan kerugian besar senilai milyaran rupiah dalam lingkup bisnis saya. Krisis berikutnya yang juga sempat berpengaruh pada bisnis saya, meskipun pengaruhnya kecil adalah pada tahun 2008.
Berdasarkan pengalaman merugi hingga milyaran rupiah, maka saya berpikir bahwa cara untuk mengantisipasi dan mengelola risiko bisnis, bukan hanya melihat laporan-laporan dalam hitungan minggu ini atau bulan ini, tetapi juga mengantisipasi potensi kondisi buruk apapun yang akan terjadi, untuk satu, tiga atau bahkan lima tahun dari sekarang.
Sebagai Barometer Resiko, maka saya harus membangunnya dalam rencana bisnis sehari-hari, seperti penilaian arus kas triwulan, bulanan dan mingguan. Sebagai Pengusaha, saya perlu selalu terhubung ke arus kas bisnis, sehingga jika terjadi hal-hal yang penting dan mendesak untuk secepatnya diambil suatu keputusan, maka saya bisa segera membuat perubahan.
Senantiasa memperhatikan secara lebih dekat namun meluas dan menyeluruh pada bisnis adalah penting, karena untuk melihat kondisi perekonomian secara keseluruhan, termasuk dari suku bunga, inflasi dan seberapa besar pengangguran, yang mana hal tersebut tentunya berpengaruh terhadap nilai-nilai konsumen dan mata uang. Pengetahuan ini akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat tentang bagaimana bereaksi terhadap suatu perubahan dan pergeseran yang terjadi dalam dunia bisnis, untuk kemudian mengatur ulang strategi bisnis.
Berikut adalah Enam Risiko tambahan yang dapat mengancam perusahaan Anda dan beberapa Resep singkat untuk mengatasinya. Saya sekedar berbagi pengalaman saja, sama sekali bukan bermaksud menggurui Anda.

1. Salah Kaprah Tentang Pelayanan Pelanggan Anda.
Pengusaha sering begitu terfokus pada pelayanan klien yang sudah ada atau berusaha selalu memenuhi setiap pesanan pelanggan, sehingga berakibat mereka tidak menyadari bahwa bisnisnya mulai melambat. Sebenarnya memang harus begitulah sikap kepada para pelanggan, namun hendaknya juga melihat hal-hal lainnya yang sekiranya bisa berpengaruh pada jalan bisnis. Jika pengusaha sampai melupakan pengaruh dari sisi selain pelanggan, maka jika bisnisnya mulai melambat, mereka lambat juga menyadarinya, sehingga akibatnya mereka gagal menjaga nama baik “track record” bisnisnya.
Resep: Jika bisnis mulai melambat, segeralah bereaksi. Potong biaya yang tidak sangat penting, sehingga Anda tidak menghabiskan lebih banyak dibandingkan Kas masuk. Pergeseran strategi pemasaran dapat membantu, seperti memperluas lini produk Anda atau menyesuaikan harga Anda. Dalam kondisi perekonomian seperti ini, Anda tidak bisa hanya mengharapkan jalan keluar dari masalah secara sekenanya saja.

2. Keliru Mengelola Kas atau Uang Tunai.
CEO sering mendelegasikan analisis neraca kepada mereka, CFO atau akuntan dari luar perusahaan. Tapi sebagai pengusaha, pemahaman arus kas perusahaan Anda tetaplah sangat penting untuk melihat kesehatan finansial perusahaan secara keseluruhan. Terlalu banyak CEO melepaskan tanggung jawabnya pada arus kas, dan hanya mencari tahu jika ada masalah arus kas yang kacau.
Resep: Menetapkan target dan rentang untuk margin kotor dan bersih. Apakah itu mingguan, bulanan atau kuartalan, dan secara berkalau me-review keuangan Anda untuk menentukan apakah margin Anda tetap berada di jalur yang benar.

3. Antisipasi Risiko dari Vendor atau Pemasok Anda.Sama bahayanya seperti memiliki hanya segelintir pelanggan, demikian juga jika Anda hanya memiliki sedikit vendor atau pemasok, karena mereka bisa seenaknya memutuskan untuk menaikkan harga sehingga akan membunuh keuntungan Anda. Jangan pernah membiarkan sumber resiko terbesar bisnis Anda berasal dari vendor atau pemasok yang jumlahnya hanya satu atau dua vendor atau pemasok, karena tingkat ketergantungan akan menempatkan bisnis Anda pada kondisi sangat beresiko.
Resep: Carilah banyak vendor atau pemasok bisnis Anda. Bahkan jika Anda tidak ingin menggunakan banyak vendor atau pemasok, setidaknya Anda sudah mengidentifikasi sumber-sumber alternatif dan mengetahui persyaratan dan harga dari banyak vemdor atau pemasok. Jika hanya ada satu vendor atau pemasok untuk bisnis yang Anda lakukan, maka carilah perusahaan vendor atau pemasok lainnya, yang Anda bisa bermitra dengannya untuk menawarkan layanan pelengkap bagi klien Anda.
Sebagai contoh, sebuah perusahaan IT yang menjual jasa manajemen desktop untuk klien korporasi biasanya bekerja sama dengan penyedia perangkat lunak. Perusahaan tersebut dapat mempertimbangkan menjual lebih banyak layanan, seperti perlindungan virus, perlindungan browsing Web keamanan atau manajemen bandwidth, untuk pelanggan yang sama. Dan, perangkat lunak yang digunakan untuk menyediakan layanan-layanan lainnya bisa datang dari vendor atau pemasok lainnya lagi.

4. Catatan Rekening Anda bisa saja Menipu.
Apa yang lebih buruk daripada tidak mendapatkan penjualan? Jawabannya adalah Membuat penjualan dan tidak dibayar!” Hampir setiap bisnis memiliki tagihan, dan mereka tidak dapat mengumpulkan uang masuk dari penjualan, atau pelanggan Anda secara konsisten menunggak. Oleh karena itu, Anda perlu memahami soal piutang bisnis Anda dan rekening Anda yang sebenarnya telah “nakal dan menipu” Anda.
Resep: Monitor terus kesehatan finansial pelanggan Anda. Menelepon pelanggan Anda segera setelah mengetahui bahwa pembayarannya terlambat. Mengatur cara praktis untuk mengetahui pelanggan nakal , termasuk secara cermat mengirimkan tagihan piutang Anda. Buat pedoman garis piutang yang meragukan dalam buku besar umum Anda sehingga Anda dapat memahami dan cepat memikirkan untuk bertindak, apa yang seharusnya Anda lakukan.

5. Risiko Kredit Usaha.Rasa sakit dari krisis kredit masih saja berlanjut. Bunga kredit usaha yang berkisar 12 – 13% per tahun tentunya masih cukup berat bagi dunia usaha dalam menjalankan roda ekonominya, apalagi jika 100% bisnis Anda masih bergantung pada kredit usaha.
Resep: Pahamilah sebuah neraca murni. Jangan hanya karena Anda diberi kredit, bahkan ada tambahan “cashback” bukan berarti Anda harus bangga apalagi sampai lalai bahwa itu sebenarnya masuk di perhitungan Hutang Anda, yang pada waktunya harus dibayar lunas. Lebih bijak jika Anda menyesuaikan kemampuan kongkrit bisnis Anda terhadap besaran kredit yang harus Anda tanggung. Dan kredit usaha harus 100% dipakai untuk mengembangkan usaha bisnis Anda.

6. Risiko Hukum.
Menjadi yang digugat akibat data yang keliru, produk yang rusak atau kondisi kerja yang berbahaya adalah kemungkinan yang nyata dari pelanggaran yang bisa terjadi pada bisnis Anda.
Resep: Menetapkan standar operational prosedure dan protokol untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis Anda adalah langkah antisipasi yang bisa menjaga dan memperkecil terjadinya pelanggaran akibat kekeliruan manusia. Jika memungkinkan dengan teknologi, maka menggunakan proses multilevel verifikasi dengan perangkat lunak yang disesuaikan dengan kebutuhan, tentunya akan lebih membuat bisnis Anda terhindar dari kekeliruan yang berakibat pada resiko hukum yang berlaku.


Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga!!!:

10 comments:

Anonymous said...

Hello Am Mrs, Morgan debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman
pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
$ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika Anda
membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah bagi Anda untuk menghubungi saya secara langsung
di: morgan debra 1986@gmail.com
Semoga Tuhan Memberkati.
Salam,
Mrs Morgan debra
Email: morgandebra1986@gmail.com
Catatan: Semua balasan harus kirim ke: morgandebra1986@gmail.com

Dangote Loan Company said...

Mr Dangote, pinjaman lender "Managing Director solusi Pinjaman, saya bersedia untuk meminjamkan pinjaman dengan tingkat bunga 2%, Kami menawarkan pinjaman kepada badan-badan komersial dan swasta mulai dari US $ 6.000 sampai maksimal sebesar $ 10 juta dengan jangka waktu 1 sampai 25 tahun, Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dan tidak ada pemeriksaan kredit, kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman konsolidasi utang, modal ventura, pinjaman usaha, pinjaman pendidikan, pinjaman rumah atau "pinjaman untuk Alasan The! Namun, metode kami, menawarkan Anda kesempatan untuk menyatakan pinjaman jumlah yang dibutuhkan dan juga durasi yang Anda mampu, kami sangat bersertifikat dan terdaftar, kami berdua diasuransikan keamanan maksimum pinjaman prioritas utama kami, Kami menggunakan transfer bank dalam pengiriman pinjaman untuk banyak klien kami dan itu akan mengambil jangka waktu maksimum 12 JAM kerja dan Anda menjamin untuk mendapatkan didanai, Jika Anda tertarik, silahkan mengisi keluar Peminjam Permohonan Pinjaman dan mengirimkannya kembali kepada kami untuk proses lebih lanjut.

Peminjam Informasi (bidang Informasi yang diperlukan muncul dalam huruf tebal).
Nama Lengkap (s):
Umur:
Alamat Jalan:
negara:
Nomor Kontak:
Jumlah Pinjaman Diminta:
Pinjaman Tujuan:
Durasi Pinjaman:
Status Pekerjaan:

Kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.
salam dan hormat kami
Dangotegrouploandepartment@gmail.com
Hubungi kami melalui email kami Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Unknown said...

PENAWARAN PINJAMAN UNTUK SEMUA (DAFTAR SEKARANG)

Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda dalam stres keuangan? Anda perlu Uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan merasa sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Jawabannya ada di sini, Christiana Anderson Badan Kredit adalah jawabannya. Kami menawarkan;

a) pinjaman pribadi, ekspansi bisnis.
b) Business Start-up dan pendidikan.
c) konsolidasi utang.
d) pinjaman Keras Uang.

Namun, metode kami menawarkan kemungkinan untuk menunjukkan jumlah pinjaman yang dibutuhkan dan juga durasi Anda mampu untuk menyelesaikan pembayaran pinjaman dengan tingkat bunga 2%. Ini memberi Anda kesempatan nyata untuk mengumpulkan uang yang Anda butuhkan. Kandidat yang tertarik harus menghubungi kami melalui: stahlchristianloanfirm@gmail.com

Unknown said...

Halo, aku mr Recardo, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: Recardoroland.loanfirm@gmail.com

Widya Okta said...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Sulis Susanti said...

Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

Unknown said...

Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya tegang finansial dan putus asa, saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 430 juta dalam waktu kurang dari 12 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji Ibu Anita saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran angsuran bulanan saya, yang saya kirim langsung ke rekening bank perusahaan.

Unknown said...

,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

Maureen said...

UPDATE ON LOAN REQUIREMENT

If you are in need of some financial support and you can pay back the loan at a given period.? *Need 100% financing contact Email : (bdsfn.com@gmail.com )
(anatiliatextileltd@gmail.com)
(bdsfn.com@gmail.com)
What is your situation? *Need 100% financing *Can't verify income *Can't verify employment *Recently self employed *Bankruptcy Collections *Credit issues *Accumulated Bills Settlement * Personal Investment Project or Company Investment Projects e.t.c. Apply for a quick and convenient loan to pay off bills and debts, start a new business or refinance your projects and expand your business in this year 2017 at the cheapest interest rate of %. For more details email
us today via email:(bdsfn.com@gmail.com)

For more details :Email : bdsfn.com@gmail.com
Name :
Country :
Phone number :
Amount Needed as Loan :
Purpose of Loan :
Have you applied for loan online before (yes or no)
Email : bdsfn.com@gmail.com
Emaill: anatiliatextileltd@gmail.com
Best Regards.
Mrs.Emilia FedorcakovaUPDATE ON LOAN REQUIREMENT

If you are in need of some financial support and you can pay back the loan at a given period.? *Need 100% financing contact Email : (bdsfn.com@gmail.com )
(anatiliatextileltd@gmail.com)
(bdsfn.com@gmail.com)
What is your situation? *Need 100% financing *Can't verify income *Can't verify employment *Recently self employed *Bankruptcy Collections *Credit issues *Accumulated Bills Settlement * Personal Investment Project or Company Investment Projects e.t.c. Apply for a quick and convenient loan to pay off bills and debts, start a new business or refinance your projects and expand your business in this year 2017 at the cheapest interest rate of %. For more details email
us today via email:(bdsfn.com@gmail.com)

For more details :Email : bdsfn.com@gmail.com
Name :
Country :
Phone number :
Amount Needed as Loan :
Purpose of Loan :
Have you applied for loan online before (yes or no)
Email : bdsfn.com@gmail.com
Emaill: anatiliatextileltd@gmail.com
Best Regards.
Mrs.Emilia Fedorcakova

FARIA MICHAEL said...

APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN ASLI YANG TERJANGKAU HARI INI?

Apakah Anda mencari pinjaman asli? Apakah Anda berhutang dan membutuhkan uang untuk melunasi tagihan Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis baru atau meningkatkan bisnis Anda? apakah Anda memerlukan pinjaman untuk membeli mobil atau rumah? apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena pendanaan yang tidak memadai? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan layanan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman investasi untuk berinvestasi di area tertentu spesialisasi, Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! hubungi saya melalui email; (fariamichael67@gmail.com) atau Whatsapp: + 1-810-214-0980

Kami telah menyediakan lebih dari $ 1 Miliar dalam pinjaman bisnis untuk lebih dari 13.000 pemilik bisnis seperti Anda. Kami menggunakan teknologi risiko kami sendiri yang ditunjuk untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Layanan kami cepat dan dapat diandalkan, pinjaman disetujui dalam waktu 24 jam setelah aplikasi berhasil.

Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam jumlah berapa pun yang Anda butuhkan dengan tingkat bunga 2% yang terjangkau. Modal dan proses pinjaman kami dijamin dan dijamin 100%, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kami, kami adalah perusahaan pinjaman yang memiliki reputasi baik, sah, dan terakreditasi. Kami meminjamkan kepada individu dan perusahaan yang membutuhkan bantuan uang tunai.
Jadi silakan hubungi kami hari ini melalui email di; (fariamichael67@gmail.com)
Whatsapp: + 1-810-214-0980

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Harnadi Hajri, S.pd | Bloggerized by Wahana corp - Indonesia | LPPM Wahana Education