Saturday 3 September 2011

Tips dan trik meningkatkan daya ingat


Hidup di jaman serba cepat dan dinamis seperti sekarang ini menuntut kita untuk bekerja lebih keras terutama otak. Pada saat informasi penting datang secara tiba - tiba, kita menangkapnya tetapi terkadang beberapa saat kemudian langsung lupa. Maka dari itu, saya punya beberapa tips untuk membantu meningkatkan daya ingatan anda.

1. Lakukan teknik relaksasi secara teratur

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan ingatan Anda yaitu dengan secara sadar berusaha mengendurkan ketegangan seluruh otot tubuh sebelum mempelajari sesuatu yang baru. Menurut para peneliti dari Fakultas Kedokteran Univ Stanford, relaksasi otot dapat mengurangi kecemasan yang sering dirasakan seseorang saat berusaha mencoba mempelajari hal baru.

2. Pertahankan pola kesehatan yang bagus

Gangguan kesehatan termasuk kondisi minor sekalipun, seperti flu atau hipertensi, dapat menggangu ingatan anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa dalam periode 25 tahun, pria menderita hipertensi kehilangan kemampuan kognitif hingga dua kali lipat dibandingkan dengan pria bertekanan darah normal. Di sisi lain, penelitian di Universitas California Selatan mengemukakan bahwa pada usia 70-an tidak akan mudah mengalami penurunan kemampuan kognitif jika mereka tetap aktif secara fisik.

3. Tantang diri Anda !

Otak memproduksi senyawa kimia neurotransmitter yang membawa pesan antar sel yang terlibat dalam ingatan dan penentuan strategi. Ketersediaan neuritransmiter tersebut termasuk senyawa kimia pembentuk ingatan asetikolin meningkat apabila otak sering digunakan untuk menyelesaikan tantangan yang menuntut penyelesaian masalah. Penelitian menunjukan bahwa tikus yang hidup dalam lingkungan menantang mempunyai dendritik yang lebih kompleks daripada tikus yang hidup di lingkungan biasa.

4. Kembangkan ketajaman indera

Sebagian besar jenius bidang ingatan mempunyai persepsi indrawi yang sensasional atau sensitif. Praktikan ketrampilan pengamatan anda dan belajarlah lebih memperhatikan dengan menggunakan seluruh indera Anda. Kurangnya konsentrasi sering menjadi akibat buruknya ingatan. Jika ingin mengingat sesuatu, berhentilah sejenak, perhatikan dan catat (secara internal maupun eksternal) apa yang ingin Anda ingat.

5. Lakukan olahraga teratur

Selain meningkatkan kekuatan fisik, olahraga teratur juga membantu fungsi ingatan anda dengan menjamin suplai oksigen darah ke otak. Olahraga juga menstimulasi pelepasan endorfin-neurotransmiter yang terkait dengan rasa senang sehingga meningkatkan keceriaan, yang menjadi pemicu penting pembelajaran ingatan. Selain itu penelitian juga menunjukan bahwa olahraga juga meningkatkan produksi Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF). Satu dari delapan faktor pertumbuhan manusia yang diperkirakan mampu meningkatkan kemampuan belajar dan perlindungan sel dari penyakit, seperti Alzheimer, parkinson, dan penyakit lou gehrig's.

6. Hindari obat penenang dan zat yang menimbulkan kantuk

Segala zat yang membius otak termasuk alcohol, benzodiazepin (biasa untuk terapi ganguan kecemasan) dan obat penenang lainmenghambat fungsi optimal daya ingat anda. Jika ingin santai, makanlah makanan berkarbohidrat tinggi yang merangsang produksi tritofan dan bertindak sebagai penenang alami.

7. Kembangkan sikap mental positif

Ganti sikap negatif atau kritik terhadap diri sendiri, seperti "Aku sudah terlalu tua untuk mengingatnya", menjadi sikap positif seperti "Ah, ini gampang, santai saja pasti aku bisa ingat kok". Periksalah keragu raguan dan hambatan mental anda. Sebagian besar perasaan tersebut biasannya muncul saat anda masih sangat muda dengan alasan yang tidak jelas.

8 Makan secukupnya, kurangi lemak dan minum banyak air

Pilihlah makanan yang rendah lemak dan kalori. Makanan yang rendah lemak dan tinggi protein adalah ayam (tanpa kulit), ikan, kerang, daging sapi muda, dan daging sapi tanpa lemak. Sumber protein nabati rendah lemak mencakup kacang polong kering dan kacang - kacangan lain, produksi susu rendah lemak, termasuk keju dan susu skim, serta makanan berbahan kedelai. Yang tak kalah penting adalah minum banyak air (ini yang selalu saya lakukan karena mudah dan paling efektif) dapat membantu pencernaan dan pernafasan, meningkatkan kapasitas pembawaan oksigen dalam darah, serta mempertahankan kesehatan sel.


DEMIKIANLAH tips untuk meningkatkan daya ingat dari saya, semoga berguna dan membantu. 8 Tips sederhana ini sudah terbukti, dan Silahkan Anda coba.


Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga!!!:

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Harnadi Hajri, S.pd | Bloggerized by Wahana corp - Indonesia | LPPM Wahana Education