Thursday, 20 October 2011

Terlihat pintar untuk menjadi pintar



Adakalanya kita yang otaknya pas-pasan ingin unjuk diri kalo kita juga tidak kalah sama orang-orang pintar disekitar kita. pada dasarnya kepintaran itu datangnya dari penampakan diri seseorang yang lebih tahu akan suatu hal, konsepnya seperti ini: anak SMP akan terlihat lebih pintar dibandingkan dengan anak SD, begitu juga seorang dosen/profesor akan jauh terlihat lebih pintar dibandingkan dengan mahasiswanya. tapi taukah kita kepintaran seorang manusia lebih condong kepada visualisasi kepintaran itu sendiri. seandainya orang pintar yang tidak mau menunjukkan kepintarannya pada dasarnya dia akan disangka tidak pintar.
oke, semua orang memiliki potensi untuk pintar yang sama, tinggal bagaimana caranya kita memvisualisasikan kepintaran kita tersebut..

Pengen terlihat jenius dan pintar kayak einstein, itu pasti impian semua orang. Tapi untuk menjadi pintar kayak dia kita kudu menggunakan otak kita, dan memaksimalkannya sebanyak 38%. Rata-rata orang kebanyakan sih baru menggunakan 3% kapasitas otaknya. Kok bisa? Karena lebih banyak santainya, jarang baca buku, jaran melakukan hal2 yang dapat melatih kemampuan otak agar dapat bekerja lebih maksimal. 

Seandainya kita baru menggunakan sekian persen saja, artinya kita tidak bisa jenius donk. Pintar sih mungkin bisa. Nah, kebanyakan kita sebagai  pengen banget jadi orang pintar atau sekedar terlihat pintar, baik dalam artian yang sesungguhnya atau setengahnya saja. Hoho... Nah, untuk bisa kelihatan pintar, kita harus act the smart way. Melakukan segala halnya dengan cara yang pintar. 

Btw, tulisan ini dipublish untuk menjawab queri yang saya temukan di FEEDJIT, ada yang nyari guide or bimbingan bagaimana caranya agar kelihatan smart. Setelah membaca-baca banyak sumber, saya menemukan ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kita bisa menjadi orang yang kelihatan pintar.  Hoho... It's not a joke. It's real. OK deh, the following are the tips, simak baik-baik ya!..

1. Mulailah dengan kebiasaan utama para orang pintar. Kebiasaan pertama mereka adalah MEMBACA. Nah, kalau mau pintar yang bener2 sih emang ini caranya. OTAK kan butuh nutrisi agar kemampuannya meningkat. Semakin sering membaca, kata para peneliti, kemampuan penyimpanan otak semakin besar, dan sel-sel neuron otak menjadi aktif. Semakin banyak yang disimpan, semakin banyak pengetahuan yang bisa di dapat. So, ketika kamu ngobrol sama siapapun orangnya, kalau pengetahuan kamu luas, tentunya kamu bisa ngobrol apa saja. Nah, kemampuan ngomong dalam frame wawasan yang luas inilah yang membuat kamu kelihatan pintar.

2. Sering-seringlah meluangkan waktu mengobrol dengan orang-orang yang sudah banyak pengalamannya. Kata orang bijak, untuk menjadi pintar tidak harus selalu dari buku, tapi kita juga mempelajarinya lewat orang-orang yang telah berpengalaman. Percaya atau tidak, keputusan smart diambil dari pertimbangan yang tepat, dimana kita bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Nah untuk memiliki pengetahuan semacam ini, hanya orang-orang yang berpikir dewasa yang bisa ngelakuin. Hmm.. what about us? Bisa gak dengan sedikit pengalaman saja. Makanya for that reason, kamu kudu nyuri ilmunya orang-orang yang udah berpengalaman. 

3. Berpartisipasilah dimanapun lingkungan kamu berada. Maksudnya? Kalau di kelas, misalnya sering2lah berinteraksi dengan cara bertanya, menjawab dan berdiskusi.  Inti dari kegiatan berpartisipasi ini adalah belajar mengemukakan pendapat dan itu merupakan kegiatan yang sangat bagus, hal ini juga termasuk dalam latihan pengolahan ide dalam otak. Kebiasaan ini sangat baik sekali,  Ilmu apa saja kalau terus kita latih pasti akan tersimpan dengan baik dalam otak dan kita dapat bisa menggunakannya sewaktu2 di saat kita membutuhkannya. Di samping itu, ada pendapat bahwa orang yang sering aktif  berpartisipasi dalam hal ini mengemukakan pendapat di komunitas manapun itu, baik itu di kelas, tempat kerja,  orang itu sering 'dianggap atau disebut' orang pintar, dan bahkan selalu didahulukan oleh orang2 di sekitarnya.


4. Lakukan pekerjaan lebih awal kalau perlu selesaikan sebelum deadline. Orang yang pintar adalah orang yang dapat mengelola tugas-tugasnya dengan baik. Mereka itu adalah orang2 yang gak suka menunda waktu. Selalu punya keinginan untuk menyelesaikan tugas lebih awal. Lihat aja buktinya di sekolahan, siapa yang selalu bisa menyelesaikan tugasnya lebih awal selalu dianggap siswa paling pintar. Atau mungkin di lingkungan kerjaan, mereka yang selalu menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu dianggap sebagai smart employee.. 

5. Bergaulah dengan orang-orang pintar. Curilah ilmu mereka. Ada pepatah mengatakan jika kita berada di lingkungan orang-orang jualan parfum pasti kita kecipratan wangi parfumnya. Nah, sama juga, kalau mau kecipratan pintar, kumpul2 ma orang pintar. hehehe.. masuk akal gak?

6. Perluas pengetahuan kamu dengan banyak2 mengunjungi gudangnya ilmu, maksud saya perpustakaan. Emang sih, sekarang udah banyak buku yang dijual di toko2 buku, tapi kalau mau memilikinya kan kudu beli. Perpustakaan sekarang udah jarang yang kunjungin, padahal ada ratusan ribu buku yang belum terbaca, dan itu semua adalah gudang pengetahuan yang bisa bikin loe pintar. 

kalau ada tambahan kasih komentar ya...


Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga!!!:

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Harnadi Hajri, S.pd | Bloggerized by Wahana corp - Indonesia | LPPM Wahana Education