Sunday, 15 January 2012

Kita akan kembali ke zaman es


Sejarah pasti akan terulang, begitulah kata pepatah entah berantah.. Zaman es akan kembali terjadi di bumi. Demikian isi salah satu artikel dalam jurnal Nature Geoscience, Senin (9/1) waktu setempat. Menurut artikel itu, zaman es tampaknya baru terjadi sekitar 1.500 tahun lagi. Studi itu muncul karena tingginya tingkat buangan karbon dioksida (CO2) di atmosfer Bumi.
Badan Cuaca PBB penyebutkan, konsentrasi gas utama yang diduga sebagai penyebab pemanasan global mencapai rekor tertinggi pada 2010. Gas CO2 itu akan berada di atmosfer selama beberapa dasawarsa sekalipun dunia berhenti memompa buangan gas hari ini.
Zaman es adalah periode ketika ada pengurangan jangka panjang pada temperatur atmosfer dan permukaan Bumi, yang membuat pertumbuhan lapisan es dan gunung es. Setidaknya pernah ada lima zaman es di Bumi. Selama zaman es, ada lingkaran pembentukan gunung dari lapisan es, baik yang bertambah maupun berkurang.
Secara resmi, Bumi telah berada pada kondisi antargunung es, atau masa yang lebih hangat, selama sedikitnya 10 ribu sampai 15 ribu tahun, dan perkiraan beragam mengenai berapa lama periode semacam itu akan berlangsung.
"(Banyak ulasan) menunjukkan akhir (masa) antargletser saat ini akan berlangsung dalam waktu 1.500 tahun ke depan, jika konsentrasi CO2 di atmosfir tak melampaui (sebanyak) 240 bagian per juta menurut volume (ppmv)," kata studi tersebut.
"Konsentrasi CO2 saat ini 390 ppmv. Berada dalam kondisi itu, peningkatan volume lapisan es takkan mungkin terbentuk," tulis studi itu. Studi tersebut --yang dilandasi atas keragaman pada sampel batu dan orbit Bumi-- dilakukan oleh sivitas akademika di Cambridge University, University College London, University of Florida dan University of Bergen, Norwegia.
Penyebab zaman es tak sepenuhnya dipahami. Namun, konsentrasi methane dan karbon dioksida di atmosfer, perubahan pada orbit Bumi saat mengelilingi Matahari, dan gerakan lempeng tektonik, diduga berperan dalam menentukan kapan zaman itu kembali terjadi.


Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga!!!:

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Harnadi Hajri, S.pd | Bloggerized by Wahana corp - Indonesia | LPPM Wahana Education