Sunday, 22 January 2012

Mudahnya membuat hidup menjadi bahagia


Didalam kehidupan yang fana ini, tiada hal yang ingin dicapai umat manusia selain menjadi bahagia di dunia dan di akhirat, namun menurut analisa bahwa sebagian besar manusia mengalami hidup yang dramatis penuh dengan kesediahan dan kesusahan. hal ini tentu saja banyak penyebabnya, namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas mengenai penyebab terjadinya kesedihan dan dan kesusahan tersebut, namun saya ingin berbagi bagai mana menjadikan hidup lebih bahagia.

Berikut hal-hal yang paling di butuhkan :

- Memaafkan

Memaafkan bukanlah hadiah yang Anda berikan kepada orang lain, itu adalah hadiah yang Anda berikan kepada diri sendiri. Tidak bergantung pada masa lalu, melepaskan sakit sehingga Anda dapat hidup lebih bahagia dan hidup lebih memuaskan. Menyimpan dendam terhadap orang lain tidak akan membantu dan merusak hubungan sosial dengan orang lain, itu hanya merugikan Anda. Ini membuang-buang waktu dan energi yang sebenarnya Anda bisa mencurahkan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat dalam hidup Anda. Kalaupun kita lihat tampaknya tidak cocok untuk orang yang terluka untuk harus memaafkan dan melupakannya begitu saja, tapi buatlah keinginan besar menjadi bijaksana dan menjadi bahagia. Selalu ingat untuk memaafkan diri sendiri juga.

- Menerima Diri Sendiri

Belajar untuk menerima dan mencintai diri sendiri dengan semua kualitas yang baik dan kesalahan Anda. Harga diri Anda tidak ditentukan oleh berapa kali Anda telah berhasil atau gagal atau oleh berapa banyak uang yang Anda miliki. Juga tidak ditentukan oleh, siapa yang Anda tahu, apa yang Anda lakukan atau seperti apa Anda terlihat. Nilai Anda ditentukan oleh apa yang ada dalam hati. Anda adalah sempurna persis seperti Anda. Tak ada lagi yang perlu Anda lakukan selain memegang teguh prinsip kebenaran dan kejujuran agar menjadi layak untuk dicintai.

- Membantu Sesama

Jika Anda ingin jalan pintas menuju kebahagiaan. Anda dapat membantu siapa pun yang Anda inginkan, hanya melakukan tindakan yang memberi Anda kebahagiaan dan berasal dari hati. Apakah Anda memilih untuk membantu anak-anak yatim, tunawisma, orang tua, orang miskin, orang sakit, atau satwa liar atau apa pun yang terdekat dengan Anda. Bahkan jika Anda belum siap untuk berkomitmen, maka berikan kebaikan di mana pun Anda melihatnya diperlukan. Memberikan senyum dan pujian tidak hanya cara yang bagus untuk memulai, tetapi kebiasaan yang indah untuk masuk lingkaran kebaikan. Kebaikan kadang tanpa biaya apa-apa dan dapat membawa banyak kegembiraan. Jika Anda melihat seseorang yang tampaknya sedikit kurang bahagia, hanya memberi mereka senyuman lebar. Yang dapat membuat lebih banyak perbedaan dalam hari seseorang dari yang Anda bayangkan. Tindakan Anda dan kata-kata Anda harus selalu datang dari hati Anda.

- Berhenti khawatir

Khawatir membawa Anda jauh dari masa kini dan membatasi energi Anda. Anda tidak bisa mengatakan berapa tahun hidup Anda telah terperangkap dalam kekhawatiran. Saya ingat begitu tenggelam dalam kemungkinan-kemungkinan kejadian masa mendatang yang membuat saya bahkan tidak bisa merasakan apa-apa pada saat sekarang. Tampaknya peristiwa indah yang muncul selalu dinodai oleh perasaan takut. Khawatir tentang sesuatu tidak akan pernah memecahkan masalah apa pun. Khawatir hanya memaksa Anda untuk berulang kali mengalami hal-hal buruk yang mungkin atau bahkan tidak terjadi. Lepaskanlah!. Bahkan jika peristiwa ini terjadi, lebih baik hanya mengalami sekali daripada beberapa kali, dan biasanya yang dibayangkan peristiwa yang jauh lebih buruk daripada apa pun kenyataan akan datang. Nikmati setiap pengalaman sepenuhnya dan alami segala sesuatu sepenuhnya dan koreksi kesalahan yang ada.

- Fokus pada hal positif

Berhenti memperhatikan hal-hal yang menyedihkan dan berfokus pada kebahagiaan. Jangan menghindari kenyataan, tetapi hadapi. kita tahu bahwa tidak ada gunanya dalam melihat dan mengingat hal-hal yang membuat stres. Apabila tidak melakukan apa pun untuk memperbaiki situasi hanya akan membatasi energi anda maka sebaiknya manfaatkanlah untuk hal-hal yang lebih positif.

- Mengevaluasi

Evaluasi memberi gambaran sisi baik dan buruknya tindakan. Apakah tindakan-tindakan anda sudah sesuai dengan cita-cita ataukah telah keluar jalur. Keinginan-keinginan yang menipu seperti hal yang menyenangkan pada saat tindakan terjadi itu bisa saja terulang berkali-kali karena mekanisme kesadaran untuk melakukan tindakan menyengkan sangat kuat dan implikasi buruknya berjalan sangat lambat. Hati-hati ketika akan melakukan tindakan besar dan evaluasi sesudahnya. Evaluasi bisa menentukan kebahagian jangka panjang.

- Berolahraga

Kebahagiaan karena hati kita bahagia dan tubuh kita sehat. Kalaupun karena kesibukan yang sangat padat dan kelelahan akibat aktivitas yang sangat padat maka pintar-pintarlah memilih waktu anda seperti keahlian anda saat memecahkan masalah. Karena tidak berolah raga juga merupakan sebuah masalah. Dari 24 jam waktu yang tersedia apakah 1 jam atau 1/2 jam saja tidak tersedia untuk menjaga kesehatan?

- Tertawa

Tertawa adalah penting. Tertawa membuat Anda santai dan memicu reaksi hormonal dalam tubuh yang bermanfaat bagi kesehatan dan kebahagiaan Anda! Tertawa bagi sebagian orang tidak mudah tapi kalau mau meluangkan waktu mengingat kembali hal apa yang bisa membuat anda tertawa maka ulangi kembali kegiatan yang bisa membuat tertawa. Tanpa tertawa diri kita akan menjadi beku dan mudah pecah jika ada seorang memukulnya walaupun itu dengan pukulan lemah.

- Cinta

Cinta adalah esensi dari siapa diri kita dan mengapa kita di sini. Cinta adalah sumber kehidupan dan mengantarkan anda untuk membuat hal-hal positif . Cinta itu lebih dan Anda dapat menjadi lebih. Cinta itu bebas, mendalam dan sepenuhnya. Mengasihi semua orang di sekitar Anda termasuk Anda sendiri. Semakin banyak Anda memberi, semakin banyak Anda akan menerima balasan. Menjalani hidup dari cinta dan kebahagiaan akan mengikuti kemanapun Anda pergi. Ingat juga cinta berlebihan bisa menjadi fanatisme sempit.


Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga!!!:

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Harnadi Hajri, S.pd | Bloggerized by Wahana corp - Indonesia | LPPM Wahana Education