Monday 16 January 2012

Proposal Kewirausaahaan Budidaya Ikan

Menjadi seorang pengusaha sangatlah sulit karna membutuhkan banyak perjuangan, pengetahuan dan tentu saja modal, nah modal inilah yang paling sulit kita dapatkan, namun tidak berarti mustahil karena pemerintah telah menyediakan anggaran di setiap kementerian untuk mendukung rakyatnya ing ingin menjadi pengusaha.
Bagi rekan-rekan yang bingung bagaimana cara membuat proposal yang bagus khususnya di bidang kewirausaahaan yang akan diajukan ke kementerian terkait, berikut saya share contoh proposal kewirausaahaan yang dapat saudara-saudara ajukan kepada aparat terkait.


PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN 

PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA IKAN PATIN KOLAM AIR MENGALIR DI KECAMATAN PRINGGARATA 
KABUPATEN LOMBOK TENGAH 
PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT


I. PENDAHULUAN 

1.1. Latar Belakang 

Kecamatan pringgarata merupakan salah satu dari 12 Kecamatan yang ada di Kab. Lombok Tengah yang merupakan daerah pengairan tehnis sepanjang tahun, dengan kondisi ini sangat memungkinkan untuk pengembangan budidaya perikanan air tawar baik system budidaya kolam , minapadi, keramba maupun usaha pembenihan atau pembibitan. 
Kecamatan pringgarata memiliki luas wilayah sebesar 52.78 km (5.278 Ha) dengan penggunaan lahan sebagai berikut : tanah sawah 2.559 ha, tanah pekarangan 165 ha, kehun/tegalan 2.254 ha, hutan 100 ha dan lain-lain mencapai 200 ha. Topografi dan keadaan iklim Kecamatan Pringgarata adalah tnemiliki rata-rata curah hujan 2.286 mm/tahun dengan jenis tanah sebagian besar lempung berpasir yang sangat subur sehingga sangat berpotensi untuk lahan pertanian khususnya perikanan. Untuk lebih jelasnya peta Kecamatan Pringgarata dapat dilihat pada lampiran 1. (Program Penyuluhan Perikanan Kecamatan Pringgarata, 2008). 
Kegiatan usaha perikanan di Kecamatan Pringgarata tersebar di tujuh (7) Desa yaitu Desa Pemepek, Desa Sepakek, Desa Murbaya, Desa Pringgarata, Desa Sintung, Desa Bagu, dan Desa Bilehante dimana desa yang paling banyak mengusahakan kegiatan perikanan adalah Desa Pringgarata. Jurnlah Rumah Taugga Perikanan (RTP) yang ada di Kecamatan Pringgarata adalah mmmdi 302 RTP, kolam 359 RTP. keramba 61 RTP, dan UPR 59 RTP sehingga jumlah total keseluruhan RTP adalah 781 RTP. Jumlah penduduk di Kecamatan Pringgarata sebanyak 61.977 iwa yang terdiri dan laki-laki 31..546 iwa dan perempuan 30.431 jiwa. ( Program Penyuluhan Perikanan Kecamatan Pringgarata Tahun 2008 ). 

1.2. Tujuan 
Tujuan yang ingin dicapai dalam Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Patin dalam kolam di Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lornbok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah sebagai berikut: 
Mengetahui potensi, masalah dan cara pemecahan masalah dalam usaha pembesaran ikan Patin di Kolam di Kecarnatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. 
Merancang program usaha budidaya ikan Patin di kolam air mengalir dengan memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di Kecamatan Pringgarata secara optimal. 
Meningkatkan jumlah Rumah Tangga Perikanan (RTP) khususnya pembesaran ikan Patin di Kolam Air Mengalir di Kecamatan Pringgarata sebanyak 10% dari jumlah RTP yang ada yaitu 359 RTP menjadi 382 RTP, hal ini dapat dilakukan dengan melihat potensi yang ada 

1.3. Perumusan Masalah 
Dari data yang ada mengenai usaha budidaya ikan system kolam di Kecamatan Pringgarata, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut ; 
Permintaan pasar akan ikan patin untuk konsumsi belum dapat di penuhi karena belum ada yang produksi, masih dalam tahap percobaan di kecamatan pringgarata rendah disebabkan karena : 
RTP yang menusahakan budidaya ikan patin belum banyak. 
Padat tebar rendah 
Pakan yang diberikan belum sesuai dngan anjuran kualitas frekwensi pemberian 
Ukuran bibit yang ditebar 3-5 cm sehingga saat panen belum mencapai ukuran yang diinginkan oleh konsumen. 
Harga produk yang dihasilkan oleh pembudidaya masih belum stabil dan mengalami fluktuasi. Hal ini disebabkan karena penetapan harga jual lebih didominasi oleh pedagang pengumpul (perantara) karena pembudidaya memiliki kecendrungan untuk menjual produk dilokasi usaha dan menunggu konsumen / pembeli. 
Waktu pemeliharaan kurang tepat, banyak yang terkena banjir. 
Dengan potensi alam yang dimiliki khususnya kolam sangat berpotensi untuk berkembang biak baru sedikit yang dimanfaatkan.



Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga!!!:

1 comments:

Unknown said...

,.,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Harnadi Hajri, S.pd | Bloggerized by Wahana corp - Indonesia | LPPM Wahana Education