Monday, 19 March 2012

Ice Breaker untuk guru dan trainer bag. 2

Games Pemecah kebekuan … Dilakukan ketika pertama kali kita menghandel kelas. Atau pada saat kebosanan menyerang. Entah itu saat Training atau Meeting lainnya.


Sebut saja namanya … permainan ”BELANJA”

1. Seluruh Peserta diminta kedepan … Mereka berdiri berjejer dari kiri kekanan. … bisa di variasi dengan … berjejer dari yang paling pendek ke paling tinggi, atau dari yang paling muda sampai yang paling tua … dari nama yang paling sedikit hurufnya sampai yang paling panjang … atau tanggal Ultah (terserah bagaimana baiknya …)

2. Instruksikan pada orang pertama untuk berkata …”Saya belanja ke pasar membeliApel”. (atau benda apapun yang berawalan ”A”)

3. Lalu orang kedua harus menyambung dengan …”Saya belanja ke pasar membeli Apel dan Buku. (ya orang kedua harus menyebut benda yang sudah dibeli oleh orang pertama … plus dia harus menambahkan benda lain … tapi berawalan ”B”, huruf ke dua)

4. Giliran orang ke tiga tentu kira-kira menjadi … ”Saya belanja ke pasar membeliApel, Buku dan …. Cempedak”

5. Orang ke Empat … ”Saya belanja ke pasar membeli Apel, Buku, Cempedak dan …Durian …”

6. Demikian seterusnya … bergiliran … sehingga semua orang mendapat kesempatan untuk belanja … (jika orangnya sedikit … kembali lagi ke orang pertama …)

7. Tentu yang kebagian paling belakang akan ”keringetan” … pertama karena dia harus mengingat semua benda yang telah disebutkan oleh orang-orang sebelumnya … plus dia mesti ngarang benda apa yang akan dia beli … dengan abjad yang pas tentu)

8. Kalo ”oon-alike” alias tertegun, lupa, celingukan, telmi, dan sebagainya … hukum !!!

Note …

Kebayangkan ? orang yang berdiri di urutan ke 24 (abjad ”X”) …”Saya belanja ke pasar membeli Apel, Buku, Cempedak, Durian, Ember, mmm mmm Fanta … mmm Gurame … dst sampai huruf ke 24 … mmm X.. X… X Men … (hahaha)

Supaya lebih lucu, menantang dan lebih fun …
Kita hanya memberi contoh yang cemen-cemen dan umum saja (contoh Apel, Buku, Cempedak, Durian tadi ) (cukup 4 huruf saja contohnya) … dan ketika mereka melakukan permainan yang sesungguhnya. Mereka tidak boleh meniru anda, mereka harus memilih benda yang lain.
Bebaskan mereka untuk memilih benda apapun … sekalipun itu tidak umum dibelanjakan di pasar … (namanya juga usaha …) (Amplas, Bebek, Cumi, Dompet bahkan Gentong, Popok, Traktor, Jerapah, Vespa, Komet, Ulekan, Obor … apapun … pokoknya abjadnya pas). Untuk huruf-huruf yang ”tidak populer” … pasti akan banyak ”mentok” nya … (F, Q, V, X, Z ??)
Mau pake ”plesetan” juga boleh … i.e : Qorek Api, Vriwitan, Ples Disk, Xoklat atau Zepatu J. (namanya juga buat lucu-lucuan … )

Learning point dari permainan ”Belanja” ini adalah …
Melatih daya ingat, kecepatan berfikir, belajar menyimak, kreatifitas … and just for laugh … of course … Seru kan???


Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga!!!:

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Harnadi Hajri, S.pd | Bloggerized by Wahana corp - Indonesia | LPPM Wahana Education