Minggu, 08 April 2012

Mengisi Kekosongan Jiwa

Sudah dua minggu ini saya malas sekali untuk memposting sesuatu di blog, padahal banyak sekali info yang bisa saya bagikan kepada rekan-rekan semua. itulah akibat dari kemalasan dan tidak adanya target dalam hidup ini, yang menyebabkan kita bekerja/melakukan sesuatu dikala kita bergairah saja untuk melakukannya, sedangkan ketika kita dalam konisi down/malas kita akan diam seribu bahasa dan tidak mengerjakan apapun.
ada dua hal yang dapat membantu kita agar tetap eksis dalam menjalankan berbagai aktivitas yang bermanfaat, contohnya ya seperti beribadah, mengisi blog ini, belajar, mengajar, sekolah, kuliah, dan lain sebagainya, yang pertama adalah jadikan kegiatan tersebut sebagai rutinitas, dan yang kedua tetapkanlah target dari kegiatan tersebut. target yang saya maksud dalam tulisan ini mencakup SMART, apa itu smart?, S= Spesific, M= measureble, A=Agreement, R=Reliabel, T=Timebone.
S : berarti Spesifik. Buatlah resolusi Anda secara detail agar lebih fokus.
M : untuk Measurable (terukur). Setelah Anda membuat tujuan yang spesifik, pastikan Anda bisa mengukurnya. Misalnya, berapa kali Anda menghubungi keluarga atau teman lama, dalam rangka mendekatkan diri dengan mereka, apa yang diperlukan untuk mencapai rencana anda..dan sebagainya.
A : untuk achievable (bisa dicapai).
R : untuk realistik. Sebelum membuat tujuan, lihat juga kemampuan diri. Artinya jangan memaksakan diri untuk sesuatu yang diluar kemampuan.
T : time atau waktu. Buatlah deadline dalam jangka pendek. Jangan biarkan tujuan Anda tidak memiliki tenggang waktu atau Anda hanya akan mengulangi resolusi tahun lalu yang belum juga tercapai.
kesimpulannya begini: yang pertama kegitan tersebut memiliki tujuan yang jelas, hasil dari kegiatan tersebut dapat disebutkan dengan angka-angka (itungan uang), dapat desetujui oleh otak kita dalam menggapai hasilnya, tujuan dari kegiatan tersebut nyata dan tidak hanya sekedar impian (seseorang telah dapat menggapainya), dan yang terakhir harus menetapkan time bone, atau batasan waktu dalam mengerjakannya.
nah, itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengisi kekosongan jiwa dengan berbagai aktivitas dan kegiatan bermanfaat


Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga!!!:

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Harnadi Hajri, S.pd | Bloggerized by Wahana corp - Indonesia | LPPM Wahana Education