Thursday, 7 June 2012

Mudahnya bangkitkan motivasi yang hilang

Seringkali kita mengalami masa-masa down dimana segala hal yang ingin kita kerjakan serasa hambar karena hilangnya motivasi dalam mencapai suatu keinginan atau tujuan. jika dianalisa banyak sekali penyebab dari hilangnya motivasi pada diri kita, mulai dari kemalasan yang berlarut-larut, liburan yang terlalu banyak, makan yang tak terkontrol, stres, marah, dan lain sebagainya.
nah pada kesempatan kali ini, saya akan sedikin menshare bagaimana sih cara saya membangkitkan motivasi yang hilang, karena saya sering mengalami sendiri ketika suatu saat semangat hidup dan motivasi saya hilang entah kemana, kadang-kadang sebentar kadang-kadang juga berbulan bulan, dan setelah dianalisa ternyata penyebab utamanya adalah kemaksiatan yang tidak termanajemen dengan baik.
oke dah, to the point saja, ini dia cara mudah membangkitkan motivasi yang hilang adalah menganggap diri kita sebagai pemimpin karena memang pada dasarnya kita adalah seorang pemimpin dan pemimpin itu harus :
  1. Seorang pemimpin harus memiliki motivasi sebelum memotivasi orang lain. Ia tidak dapat memotivasi orang lain jika dia sendiri tak memilikinya. Sikap seorang pemimpin akan berpengaruh langsung terhadap sikap karyawan. Oleh karena itu, pemimpin harus mengendalikan suasana hati dan menunjukkan hanya sikap yang positif dan menghindarkan hal-hal yang bersifat negatif.M
  2. Motivasi memerlukan tujuan. Anda harus mengetahui persis apa yang ingin dicapai. Dengan demikian, Anda akan termovasi.
  3. Motivasi terbagi dalam dua tahapan. Pertama, mengindentifikasi tujuan masing-masing individu dalam tim. Kedua, menunjukkan cara untuk mencapainya.
  4. Motivasi bisa berubah sewaktu-waktu. Melalui pertemuan, komunikasi yang baik dan dan jenis interaktif komunikatif lainnya, motivasi akan dapat dipertahankan secara konsisten.
  5. Motivasi membutuhkan penghargaan. Menurut psikolog, motivasi orang yang bekerja keras banyak hanya untuk mendapatkan pengakuan atau penghargaan di depan publik pada saat yang tepat.
  6. Partisipasi membangkitkan motivasi. Partisipasi atau keterlibatan dalam suatu kegiatan sangat motivatif. Setiap anggota akan termotivasi bila dilibatkan dalam kegiatan bersama.
  7. Kemajuan yang dicapai mampu menciptakan motivasi karena kemajuan tersebut bisa memberikan arti yang sangat besar bagi setiap individu. Besarnya kemajuan yang dicapai oleh tim dan kontribusi kita sebagai angggota merupakan hal yang membanggakan.
  8. Memenangkan persaingan. Persaingan akan membangkitkan motivasi bila semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk menang. Apabila peluang tidak sama, yang termotivasi hanyalah mereka yang berada di atas, sedangkan yang di bawah dan tak memiliki peluang tidak akan termotivasi.
  9. Tiap individu memiliki potensi motivasi. Sebagai pemimpin, Anda harus mampu memunculkan potensi yang dimiliki orang yang Anda pimpin
  10. Rasa memiliki akan mebangkitkan motivasi. Orang akan termotivasi untuk membangun usaha timnya bila ia merasa menjadi bagian dari tim.
Tambahan yang tidak kalah penting :
  1. Hubungkan Tubuh dengan Pikiran, pernahkan anda merasa lesu, murung dan tubuh lemas. Untuk membangkitkan motivasi anda, anda harus segera bangkit dari itu semua. Ajak tubuh anda untuk bergerak cepat dan bertenaga. Lakukan sesuatu maka gairah dan semangat anda akan muncul
  2. Ubah fokus anda kepada sesuatu yang positif. Apabila anda menanyakan kepada orang yang sedang putus asa, apakah fokus mereka? pasti mereka akan berbicara hal hal yang kecil saja dan cenderung negatif. Sebaliknya mereka yang punya semangat dalam hidup dan keyakinan untuk meraih kesuksesan maka mereka akan bilang bahwa mereka punya target yang besar dan fokus kepada hal hal yang positif. Jangan tunggu anda siap, karena semua orang sukses bermula dari cita cita yang besar dan fokus untuk mengejarnya
  3. Apa yang anda bicarakan, baik kepada diri anda sendiri maupun kepada orang lain. Apabila anda berbicara pada diri sendiri sesuatu yang tidak mungkin maka tubuh anda akan kehilangan energi. Apabila anda berbicara hal yang positif bahkan kepada semua orang yang anda temui maka motivasi anda akan tetap terjaga.


Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga!!!:

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Harnadi Hajri, S.pd | Bloggerized by Wahana corp - Indonesia | LPPM Wahana Education