Minggu, 02 September 2012

Ternyata Wanita Tak Kalah Hebat

Bismillahir-Rahmaanir-Rahim ...


Allah anugerahkan kelembutan hati pada wanita, maka makhluk yang paling cepat melaksanakan hukum Allah SWT ini adalah wanita :
  1. Ketika Alloh perintahkan ini ummat untuk mengorbankan harta dan dirinya di jalan Alloh, maka siapa yang pertama kali berkorban, ini adalah wanita syahiddah, yaitu Sumayyah r.ha.
  2. Orang yang pertama kali menghabiskan duitnya di jalan Alloh ini adalah wanita, yaitu Khadijah r.ha.
  3. Semua bibi bibi Rosululloh saw ini semuanya masuk Islam, tidak ada satu pun bibi Rosululloh saw ini yang tidak masuk Islam. Namun paman Nabi saw ada yang tidak menerima Islam yaitu Abu Thalib dan Abu Lahab. Namun yang menerima adalah Hamzah ra dan Abbas ra. Semua wanita di kalangan keluarga Nabi saw memeluk Islam.
Inilah hebatnya wanita ini jika ikut serta dalam perjuangan agama. Terbinanya anak kita di rumah bukan bergantung pada laki lakinya yaitu bergantung pada kesholehan ibunya. Dalam al Quran diterangkan :

Tanah yang subur akan tumbuh daripada tanaman yang subur pula, tanah yang gersang jangan diharapkan tumbuh tanaman yang baik melainkan yang gersang pula."

Menurut tafsir ulama bahwa ayat ini yang dimaksudkan tanah dalam ayat ini adalah wanita. Bersumber dari wanita yang sholeh ini akan lahir dan tumbuh anak anak yang sholeh. Namun bersumber dari wanita yang tidak baik jangan harapkan lahir dan tumbuh anak yang baik, melainkan anak yang tidak baik pula sebagaimana tanah yang gersang pula.

Suami boleh Nabi atau boleh Wali, tetapi isterinya tidak benar, bukan dari orang yang baik, jangan harapkan anaknya akan baik. Suami boleh peminum dan pemabuk, tetapi kalau isteri masih tegar dalam agama, masih bisa diharapkan untuk mendapatkan anak dan keturunan yang baik :
  1. Nuh as seorang Nabi, lihat bagaimana anaknya. Ketika Nuh as panggil anaknya untuk naik ke dalam kapal untuk diselamatkan karena semuanya akan Alloh tenggelamkan. Tetapi apa kata anak Nuh as ? Dia menolak daripada perintah ayahnya dan memilih untuk naik ke atas gunung agar selamat dari air, yang akhirnya gunung pun Alloh tenggelamkan.
  2. Beda dengan Ibrahim as, lihat bagaimana anaknya. Nabi Ibrahim as bercerita kepada Ismail tentang mimpinya yang haq bahwa dia bermimpi diperintahkan Alloh untuk menyembelih anaknya Ismail. Nabi Ibrahim as bertanya kepada Ismail "Bagaimana pendapatmu tentang mimpi ini ?" Nabi Ibrahim as menanyakan pendapat anaknya ini bukan untuk bermusyawarah, karena perintah Alloh tidak boleh dimusyawarahkan, tetapi untuk menguji keimanan daripada Ismail as. Ini karena setuju atau tidak setuju pasti akan tetap disembelih juga. Namun sungguh mengejutkan jawaban dari Ismail as ini. "Wahai ayah kerjakan apa yang telah diperintahkan oleh Alloh, maka engkau akan mendapatkan aku sebagai orang yang bersabar."
Perbedaannya :
  1. Anak Nabi Nuh as dipanggil ayahnya untuk diselamatkan dia malah menolak -> Mati.
  2. Ismail as dipanggil Nabi Ibrahim as untuk disembelih, dia taat -> Alloh selamatkan.
Padahal Ismail ini jauh dari ayahnya, ditinggalkan dipadang pasir bersama ibunya, tidak berjumpa dengan ayahnya bertahun tahun, sekali berjumpa ayahnya hendak menyembelihnya. Beda dengan Nabi Nuh as, anaknya hidup dengannya satu rumah, namun mengapa anaknya Nuh as tidak taat kepada ayahnya, sementara Ismail jauh dari ayahnya tapi mau taat kepada ayahnya, apa yang membedakannya ? Padahal sama sama anak Nabi, dan bapaknya bahkan termasuk Ulul Azmi. Perbedaannya adalah isteri atau ibu mereka :
  1. Anak Nabi Nuh as, Kan'an, dididik oleh ibu yang tidak baik, tidak punya agama.
  2. Anak Nabi Ibrahim as, Ismail as dididik oleh ibu yang sholehah, ibu yang tegar dalam agama.
Inilah pentingnya peran ibu dalam keberhasilan pendidikan anak tersebut. Seorang pujangga sastra arab mengatakan :

"Al Ummu Madrasatul Kubro " Artinya : Ibu itu adalah Madrasah (Pusat Pendidikan) anak terbesar.

Ibu ini adalah madrasah terbesar, lebih besar dari Al Azhar Mesir, lebih besar dari Harvard di Amerika, lebih besar dari Universitas Indonesia, lebih besar dari Gontor, lebih besar dari seluruh pesantren terbaik di dunia.

"Kalau kamu siapkan dirimu dengan baik berarti kamu telah menyiapkan satu generasi yang akan mengharumkan nama bangsanya.

Semoga bermanfaat bagi yang membacanya ...

Segala puji bagi Allah, yang dengan nikmat-Nya sempurnalah semua kebaikan ....

Barakallahufikum ....

Salam Terkasih ..
Dari Sahabat Untuk Sahabat ...


Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga!!!:

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Harnadi Hajri, S.pd | Bloggerized by Wahana corp - Indonesia | LPPM Wahana Education