Sabtu, 09 Maret 2013

Membongkar dan memperbaiki epson TX121


Kali ini saya akan memberikan sedikit referensi bagi Anda yang memiliki keinginan untuk membaongkar printer epson tipe TX121x. Semoga dengan posting saya kali ini bisa membantu Anda untuk memperbaiki printer epson yang rusak, dari pada di bawa ketikang service yang harus menunggu beberapa hari sampai berbulan-bulan. Kebetlan printer epson yang saya perbaiki ini adalah dengan kerusakkan mati total. Jadi selain Anda dapat mengetahui cara membongkar printer epson TX121, Anda juga dapat mengetahi bagaimana cara memperbaiki printer epson yang rusak mati. Baiklah tanpa banyak kata-kata lagi saya akan memberikan langkah-langkah dalam membongkar printer epson TX121 beserta gambarnya berikut ini.

Sebelum membonngkar alat-alat yang perlu disiapkan adalah printer epson yang akan di bongkar pastinya :) , obeng, dan juga peralatan reparasi elektronika seperti; solder, timah, attraktok (penyedot timah), dan beberapa komponen yang digunakan dalam penggantian komponen printer yang rusak.

Jika semua alat-alat yang dibutuhkan sudah selesai disiapkan maka Anda siap untuk menbongkar printer pson TX121x.  Dalam membongkar printer  epson TX121x ini Anda akan menemukan 6 buah baut, dan jika Anda akan membongkar/melepas MainBoard dari printer tersebut maka Anda harus melepas kurang lebih 8 buah baut.
1. Pada bagian belakang printer ada 4 lubang baut yang Anda harus lepas.

2. Lepaskan tutup scan printer, dengan cara menarik 2 pengunci  tutup tersebut  keatas.


3. Kemudian pada bagian depan printer ada 1 buah baut yang terletak di pojok kiri atas.

4. Sebelum Anda melakukan langkah ke-3 Anda harus melepaskan tutup depan printer tersebut. (lihat gambar dibawah ini). Lepaskan dengan cara menariknya kekiri (lihat anak panah), hati hati karena ada sebauh per pada bagian tersebut.


5. Setelah tutup depan berhasil Anda lepaskan maka akan terlihat dengan jelas sebuah baut pada bagian pojok kiri atas.

6. Pada bagian switch control power, scan, stop (lihat gambar) ada 2 buah pengunci dibagian atasnya. Lepaskan kunci tersebut melalui bagian depan printer.

7. Jika langkah ke-6 sdah dilakukan, dorong kedepan bagian switch control tersebut. (lihat anak panah pada gambar). Maka Anda akan melihat 1 buah baut pada pojok kanan bawah.


8. Jika langkah 1-7 sudah Anda lewati maka priter tersebut sudah dapat di bongkar. Dalam membongkar, anda harus berhati-hati karena ada 4 buah pengunci yang akan menyulitkan Anda pada langkah ke-8 ini. Pengunci tersebut ada 2 di kiri dan 2 lagi di kanan. (gambar di bawah ini adalah pengunci). 

Tambahan : jika Anda telah berhasil membuka printer (bagian scan) maka jangan langsung ditarik keatas, karena ada kabel fleksible yang harus dilepaskan terlebih dahulu
9. Setelah langkah ke-8 sudah selesai maka printer sudah terbuka. (lihat gambar).

10. Langkah selanjutnya adalah membongkar mekanik printer. Sebelum membongkar mekanik, lepaskan dahulu 2 buah baut yang ada. (lihat gambar). Setelah Anda melepaskan baut yang ada, barulah mekanik tersebut bisa dilepaskan dari body printer dengan cara menarik mekanik printer tersebut keatas

11. Gambar di bawah ini adalah mekanik printer yang telah berhasil di lepaskan dari body

12. Posisi MainBoard dari printer epson TX121x ini terletak pada bagian belakang sebelah kiri (lihat gambar)

13. Lepaskan 2 buah baut pada bagian MainBoard, setelah itu Anda bisa melepaskan MainBoard tersebut.

14. Karena printer saya ini mengalami kerusakkan mati total, dan setelah saya ukur menggunakan Avometer. Ternyata yang rusak adalah pada komponen Dioda (D1). Dan langsung saya lakkan penggantian dengan dioda yang baru. Dikarenakan dipasaran tidak ada dioda yang saya denga dioda yang ada pada printer epson ini, maka saya menggunakan dioda 1 Ampere.

15. Gambar dioda yang rusak

16. Dioda 1 Ampere yang saya gunakan untuk mengganti dioda printer yang rusak

17. Pada saat pemasangan dioda ini. Yang perlu Anda perhatikan adalah posisi dari kaki anoda dan kathoda dioda tersebut.
18. Pada gambar dibawah ini. Terlihat pada papan PCB yang saya lingkari menunjukkan bagian anoda dioda (garis putih tebal)

19. Maka saya lakukan pemasangan dioda 1 Ampere sesuai gambar pada papan PCB tersebut. Dan hasil dari pemasangan dioda tersebat bisa anda lihat pada gambar dibawah

20. Setelah saya selesai memlakkan penggantian dioda tersebut, dan saya hubungkan semua konnektor yang ada pada MainBoard seperti semula, alhamdulillah printer epson TX121x saya kembali hidup dengan normal.

Demikian sedikit pengetahuan tentang cara membongkar printer TX121x yang bisa saya bagikan. Dan semoga posting saya ini bisa menambah pengetahuan kita tentang reparasi peralatan elektronika.


Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga!!!:

3 komentar:

Yoris Radia mengatakan...

Terimah kasih banyak broo atas post yang sangat berguna ini semoga mas broo mendapat pahala yang lebih dari yang MAHA ESA.

Fian Faind mengatakan...

info yang sangat bermanfaat, terimakasih karena telah membagi ilmunya. kebetulan printer teman saya kasus nya seperti ini.

Rustoyo Cooldude mengatakan...

Bos, kalo printer nyala tapi scanner nya bunyi dan ga bisa digunakan itu yg rusak apanyya ya? Kl bisa bennerin ni no hp saya 087778510102

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Harnadi Hajri, S.pd | Bloggerized by Wahana corp - Indonesia | LPPM Wahana Education